Cara Merawat Jaket Kulit Import Branded dengan Benar

Kulit adalah zat yang rumit, tetapi merawatnya tidak harus seperti itu. Luangkan waktu untuk belajar tentang merawat jaket kulit, ikuti praktik terbaik ini, dan Anda hanya perlu menggunakan perawatan sesekali untuk menjaga jaket Anda kenyal dan menarik.

  1. Memelihara Jaket Kulit

Buat jaket kulit Anda tahan air. Ada banyak produk “pelindung kulit” atau “anti air”, tetapi bacalah label dengan cermat sebelum membeli jaket kulit import branded.

Sementara perawatan ini akan membuat jaket kulit tahan terhadap kerusakan air, itu tidak akan sepenuhnya tahan air, bahkan jika perawatan mengklaim sebaliknya. Jangan pernah merendam jaket kulit ke dalam air atau menempatkannya di mesin cuci.

Gunakan kondisioner kulit sesekali. Mengoleskan kondisioner kulit mengembalikan minyak ke kulit, mencegah kekeringan dan keretakan yang berlebihan, tetapi terlalu banyak minyak dapat menyumbat pori-pori dan memengaruhi warna atau umur jaket. Gunakan kondisioner kulit hanya ketika jaket mulai terasa kering atau kaku. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih produk:

Periksa label untuk memastikannya cocok untuk jenis kulit Anda. (Ini sebagian besar penting untuk jaket suede atau nubuck). Idealnya, gunakan minyak mink murni, minyak neatsfoot, atau minyak hewani alami lainnya, tetapi perlu diingat bahwa ini dapat membuat kulit menjadi gelap.

Produk yang mengandung lilin atau silikon dapat mengeringkan kulit, tetapi mungkin merupakan pilihan yang lebih murah yang menyebabkan lebih sedikit perubahan warna. Jangan pernah menggunakan produk yang mengandung minyak mineral atau minyak bumi, yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan.

Bagaimana Cara Merawat Jaket Kulit dengan Benar?

Jangan memoles suede atau kulit lain dengan tekstur lembut, tidak jelas. Tidak dimungkinkan untuk membuat suede glossy tanpa menghilangkan tekstur ini secara permanen. Jangan gunakan semir sepatu, bahkan jika itu dimaksudkan untuk sepatu kulit.

Buang timbunan garam dengan kain lembab. Dalam kondisi musim dingin yang lembab, endapan garam putih dapat terbentuk pada kulit. Segera bersihkan garam dengan kain lembab, untuk menghindari bintik-bintik kering dan pecah-pecah. Biarkan kulit mengering, lalu oleskan conditioner ke area yang terkena.

Biarkan kulit basah mengering. Jika jaket Anda basah, gantunglah secara merata di gantungan agar kering pada suhu kamar. Lepaskan benda-benda dari saku untuk menghindari peregangan kulit yang basah, dan jauhkan dari sumber panas langsung, seperti radiator atau lemari yang mengudara. Gunakan kondisioner setelah pengeringan, jika kulit sudah menjadi basah kuyup.

  1. Membersihkan Jaket Kulit

Baca tag untuk instruksi spesifik. Hampir semua jaket kulit yang dijual di toko-toko menyertakan label yang menjelaskan cara membersihkan jaket. Karena ada banyak jenis kulit, tidak semuanya dapat dibedakan dengan mata telanjang, ikuti petunjuk khusus pada label bila memungkinkan.

Langkah-langkah di bawah ini umumnya aman jika diikuti dengan seksama, tetapi tidak ada metode yang dijamin dapat bekerja dengan aman pada semua kulit.

Bersihkan jaket dengan sikat atau kain lembut. Jika jaket kulit Anda telah ditinggalkan di lemari untuk sementara waktu, mungkin perlu dibersihkan.

Bersihkan kulit jadi dengan kain lembab. Uji jaket Anda terlebih dahulu dengan menjatuhkan setetes air ke atasnya. Jika air tetap berada di permukaan, aman untuk membersihkan kotoran dari kulit menggunakan kain yang sedikit lembab. Jika airnya diserap dan menggelapkan kulitnya, jangan gunakan air.

Bersihkan suede dengan sikat khusus atau spons kering. “Kuas suede” dapat menghilangkan kotoran ringan dari suede, tetapi dapat menggores bahan kulit lainnya. Anda dapat mencoba menggunakan spons kering sebagai pilihan yang lebih murah. Jangan gunakan metode ini pada kulit non-suede, atau pada kulit tak dikenal.

Itulah ulasan mengenai beberapa cara merawat jaket kulit import branded dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *