Raih Penghargaan Sebagai Perusahaan Terbaik dalam Program UN SDGs, Royal Golden Eagle Buktikan Komitmennya pada Pembangunan Berkelanjutan

Sumber: paperone.com

Kesenjangan ekonomi dan isu kelestarian lingkungan tidak hanya menjadi masalah bagi Indonesia. Hal tersebut juga dialami oleh negara-negara lain dan mendapat perhatian serius dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Demi mengurangi kemiskinan, kesenjangan dan melindungi lingkungan, PBB merumuskan SDGs (Sustainable Development Goals) pada tahun 2015 lalu. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, Royal Golden Eagle pun merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menyukseskan program tersebut.

SDGs yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selaras dengan filosofi dari grup bisnis Royal Golden Eagle. Tujuan dan targetnya juga sejalan dengan program pertanggungjawaban sosial yang telah dilaksanakan oleh setiap unit bisnis RGE. APRIL Group yang merupakan salah satu unit bisnis Royal Golden Eagle membuktikan hal tersebut. Bukan hanya melalui pelaksanaan program pertanggungjawaban sosial, unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut juga sukses meraih penghargaan sebagai perusahaan terbaik dalam program UN SDGs.

APRIL Group Sebagai Perusahaan Terbaik dalam Bidang UN SDGs

Mendapat predikat sebagai perusahaan terbaik dalam mendukung tercapainya target UN SDGs merupakan sebuah pencapaian yang sangat bernilai bagi Royal Golden Eagle, khususnya APRIL Group. Penghargaan ini bahkan diberikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro pada Januari 2019 lalu.

Pencapaian ini merupakan buah atas serangkaian kegiatan sosial yang telah dilaksanakan APRIL Group. Dalam membantu mewujudkan target-target yang ada dalam UN SDGs, APRIL Group ini fokus pada 3 aspek inti dan 4 aspek katalistik.

Tiga aspek inti yang diperjuangkan APRIL Group antara lain konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, tindakan terhadap iklim dan yang terakhir menjaga ekosistem daratan.

Dalam mewujudkan target konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, APRIL Group menerapkan kebijakan yang berfokus pada keberlanjutan. Kebijakan zero waste diterapkan secara ketat. Unit bisnis Royal Golden Eagle ini juga hanya menggunakan bahan baku dari sumber-sumber terbarukan.

Penerapan peta jalan lahan gambut dan pembangunan menara flux di daerah restorasi hingga area konsesi perkebunan dilakukan untuk membantu memerangi isu perubahan iklim yang semakin serius. Tidak hanya itu, APRIL Group juga aktif dalam upaya perlindungan ekosistem daratan lewat program Restorasi Ekosistem Riau (RER).

Untuk mencapai 4 target katalistik, APRIL Group aktif melaksanakan program yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, ketersediaan air bersih dan sanitasi, pendidikan yang berkualitas dan menjalin kemitraan. Atas komitmen dan konsistensinya dalam melaksanakan program-program inilah, APRIL Group mendapat anugerah sebagai perusahaan terbaik dalam bidang UN SDGs.

Raksasa Industri Pulp dan Kertas yang Peduli Lingkungan

Kepedulian APRIL Group terhadap lingkungan sekitar tidak lepas dari filosofi 5C yang menjadi fondasi bisnisnya. Filosofi ini merupakan prinsip bisnis dari sang pendiri, yakni Sukanto Tanoto yang berfokus pada 5 aspek penting yang meliputi community, costumer, country, climate dan company.

Dalam menjalankan bisnisnya, unit bisnis Royal Golden Eagle ini berprinsip bahwa bisnis harus bisa memberi kebaikan kepada community, costumer, country, climate dan company. Kepedulian APRIL Group terhadap lingkungan juga tidak lepas dari basis bisnisnya yang berkaitan erat dengan alam.

Sebagai perusahaan berbasis alam, APRIL Group tidak hanya memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga kelestariannya. Perusahaan juga sangat bergantung pada kelestarian alam dalam menjaga eksistensinya.

Untuk alasan itu jugalah, unit bisnis Royal Golden Eagle ini terus mengembangkan operasional produksinya agar lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. APRIL Group juga terus mengembangkan efisiensi produksi demi menghindari eksploitasi alam secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *